ARI OKTAVIANTO 10410110028
Tugas
I
Ø E-COMMERCE
Penyebaran, pembelian, penjualan,
pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-commerce dapat
melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen
inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis. E-commerce merupakan bagian dari e-business,
di mana cakupan e-business lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi
mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan
pekerjaan dll.
Ø Bussuness intelligent
Merujuk pada teknologi, aplikasi, serta praktik
pengumpulan, integrasi, analisis, serta presentasi informasi bisnis atau kadang merujuk pula
pada informasinya itu sendiri. Tujuannya adalah untuk mendukung pengambilan
keputusan bisnis. Sistem BI memberikan sudut pandang historis, saat ini,
serta prediksi operasi bisnis, terutama dengan menggunakan data yang telah
dikumpulkan ke dalam suatu gudang data dan kadang juga bersumber pada
data operasional. Perangkat lunak mendukung
penggunaan informasi ini dengan membantu ekstraksi, analisis, serta pelaporan
informasi. Aplikasi BI menangani penjualan, produksi, keuangan, serta berbagai
sumber data bisnis untuk keperluan tersebut, yang mencakup terutama manajemen kinerja bisnis.
Ø customer relationship management
Sebuah sistem informasi yang terintegrasi yang digunakan
untuk merencanakan, menjadwalkan, dan mengendalikan aktivitas-aktivitas
prapenjualan dan pascapenjualan dalam sebuah organisasi. CRM melingkupi semua aspek yang berhubungan dengan calon pelanggan dan
pelanggan saat ini, termasuk di dalamnya adalah pusat panggilan (call center), tenaga penjualan (sales
force), pemasaran, dukungan teknis
(technical support) dan layanan lapangan (field service).
Ø Supply chain management
Supply chain atau rantai persediaan
adalah suatu sistem tempat organisasi menyalurkan barang produksi dan jasanya
kepada para pelanggannya. Rantai ini merupakan jaring yang menghubungkan
berbagai organisasi yang saling berhubungan dan mempunyai tujuan yang sama,
yaitu mengadakan pengadaan barang (procurement) atau menyalurkan (distribution)
barang tersebut secara efisien dan efektif sehingga akan tercipta nilai
tambah (value added) bagi produk tersebut.
Ø Selling Chain Management
Suatu
sebuah kerangka aplikasi yang bisa membantu menjual sesuatu lebih baik dan
lebih efektif dengan cara membangun hubungan antara fungsi-fungsi penjualan di
dalam suatu perusahaan yang biasanya tidak terhubung. Selling chain management juga bisa dijelaskan sebagai sub-sistem
yang secara langsung berinteraksi dengan pelanggan agar mereka dapat dengan
mudah mengadakan akses terhadap produk dan jasa yang ditawarkan perusahaan,
terutama yang berhubungan dengan aktivitas transaksi bisnis.
Ø ERP
ERP adalah sistem informasi yang
diperuntukkan bagi perusahan manufaktur maupun jasa yang berperan
mengintegrasikan dan mengotomasikan proses bisnis yang berhubungan dengan aspek
operasi, produksi maupun distribusi di perusahaan bersangkutan. Atau dengan kata
lain ERP digunakan untuk mengelola seluruh aktifitas perusahaan termasuk
keuangan, produksi, HRD, marketing, supply chain, logistics, dllKarakter Sistem
ERP sering disebut sebagai Back Office System yang mengindikasikan bahwa
pelanggan dan publik secara umum tidak dilibatkan dalam sistem ini.
Ø E- Procurement
E-Procurement
adalah suatu proses pengadaan barang dan jasa secara online melalui internet,
proses ini akan menjadi transparan dan dapat mudah diawasi oleh masyarakat
sehingga proses pengadaan barang dan jasa Pemerintah akan adil . Pemilihan
penyedia barang dan jasa dengan menggunakan sistem e-Procurement diaplikasikan
untuk mewujudkan tujuan pelaksanaan pengadaan barang dan jasa pemerintah yang
efektif, efisien, transparan, adil atau tidak diskriminatif dan akuntabel.
Ø
Knowleadge Tone
Sub
system yang memfokuskan diri pada penyediaan fungsi-fungsinya intelligrnce bagi
perusahaan yang merupakan hasil pengolahan berbagai data informasi yang
tersebar di berbagai database perusahaan.
KOMENTAR :
Dari
semua istilah-istilah tersebut merupakan suatu komponen – komponen E-bisnis.
Menurut Etrauss – forst komponen e-bisnis dalah EB = EC+BI+CRM+SCM+ERP dan
menurut Kalahota Robinson EB = SCM+CRM+SeCM+KT+ERP+EP jadi semua istilah-
istilah tersebut adalah bagian dari konsep e-bisnis.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar