Powered By Blogger

Jumat, 23 September 2011

Kelebihan dan Kelemahan Sistem Operasi Hand Held

v                    ANDROID
       Kelebihan :
1.      tidak perlu bayar untuk download aplikasi.
2.      Didukung penuh google. Jadi kita dapat menikmati semua layanan google seperti gmail, youtube, dan fasilitas google lainnya.
3.       Stabil dan nggak mudah error atau hang.
4.       Aman dari virus karena berbasis linux (kernel 2.6).
5.       Aplikasi game 3 D nya sangat stabil dan mantap.
6.       Konektivitas lengkap. Bluetooth, wifi, GPS.
7.       Layar sentuh bagus pakai tangan nggak bisa pakai stylus.
8.       Harga relatif murah.

Sedangkan kelemahannya antara lain:
1.      Kurang nyaman untuk telepon.
2.      Masih membingungkan bila pertama pakai.
3.       Tidak ada Microsoft office.
4.       Harus terkoneksi internet.
5.       Belum banyak aplikasi yang tersedia.  

SYMBIAN
       Keunggulan :
            1.   Mudah dalam dimasukkan game atau aplikasi apa saja (Format jar. dan sis.)
      Kelemahan :
            1.   Karena memiliki sistem operasi terbuka, handphone jenis ini sangat rentan terhadap serangan                virus  seperti    Ca bir, Commwarrior, SymbOS.skulls. dan masih banyak lagi
             2.     Handphone dengan sistem ini gampang Hang, atau lambat dalam membuka gallery, lagu, serta pesan singkat(SMS)
     WINDOWS MOBILE (WinMo)
      Kelebihan :
fitur kantoran yang sangat lengkap ditambah integrasi dengan layanan Microsoft Outlook dan Exchange menjadikan Windows Mobile perangkat smartphone paling powerful bagi para pebisnis, kemudahan tweaking, kapabilitas multitasking menjadi andalan OS ini
Kekurangan :
 kurang user friendly sehingga membutuhkan pemahaman lebih dalam, sistem operasi terkesan lambat, kurang responsif serta agak boros baterai, lisensi Windows Mobile adalah berbayar sehingga smartphone WinMo terkesan lebih mahal. 
Palm OS
 Kelebihan :
·      Palm memiliki kebutuhan sistem yang sedikit dan cepat sehingga tidak dibutuhkan perangkat PDA yang canggih dan mahal.
-   Tidak memerlukan banyak memory untuk dapat menjalankannya dengan baik.
    Kekurangan :
·         tidak memiliki media penyimpanan eksternal/tambahan, walaupun bisa diisi sebuah program, Software maupun Aplikasi tetapi tidak bisa di instal dengan kapasitas yang banyak karena hanya keterbatasan memori.
·       Selain itu , perusahaan yang mengembangkan Palm telah dihentikan maka kemungkinan perkembangan program Palm tidak akan ada lagi dan development yang ada sekarang mungkin hanya berupa support untuk produk produk lama Palm 
    BlackBerry OS
 Kelebihan :
Merupakan multiple Push Email yang terbaik saat ini, sinkronisasi nirkabel (tanpa kabel seperti Bluetooth dan infra red) yang lengkap, sistem keamanan berlapis yang menjamin keselamatan data penting kita.
Kekurangan :
browser Web masih kurang bagus, ada biaya tambahan untuk menikmati layanan BlackBerry yg kita pakai, sistem operasi sangat tertutup dan tidak bisa dipersonalisasi. 
  MAC OS X
Kelebihan :
 Pada konsepnya Sistem operasi ini dirancang memiliki keunggulan untuk game, koleksi game yang tersedia sangat banyak dengan kualitas hampir mendekati konsol game yang sesungguhnya serta ditunjang kualitas grafis yang diatas standar level, sistem operasi stabil dan mudah digunakan bagi orang awam sekalipun, Browser Safari yang dimiliki sistem operasi ini juga merupakan yang terbaik sekarang. responsif dan intuitif, browser web terbaik saat ini, pemutar musik sangat bagus dari segi antarmuka maupun kualitas suara, , adanya toko aplikasi online App Store yang menyediakan ribuan aplikasi dan game yang siap didownlod secara langsung.

Kekurangan :
idak multitasking, sistem operasi sangat tertutup dan tidak bisa dipersonalisasi, proses sertifikasi untuk aplikasi baru sangat ketat, aplikasi dan game hanya bisa didownload dari App Store, bluetooth tidak bisa untuk proses pengiriman file, entry teks kurang nyaman. Sehingga dapat dibilang sistem operasi ini terlalu protect dalam hal penyediaan aplikasinya dan hanya berpedoman dengan satu penyedia aplikasi.

1 komentar: